Berusaha Keras Headline

Selasa, 18 Mei 2010

Ditemukan, Gen Baru Kanker Payudara

Jakarta: Ilmuwan Inggris menemukan lima faktor genetik umum terkait risiko penyebaran kanker payudara, baru-baru ini. Temuan itu juga sekaligus memberikan pemahaman lebih baik atas penyebab dan petunjuk penanganan penyebaran kanker payudara.

Douglas Easton dari Universitas Cambridge Inggris yang memimpin penelitian itu memindai peta gen dari 16.536 pasien kanker payudara. Ia menemukan lima variasi gen baru. Penemuan itu menambah 13 varian lain gen umum kanker payudara.

"Penemuan itu akan membantu menjelaskan delapan persen risiko terserang penyakit ini," jelas Easton dalam jurnal Nature Genetics, Ahad (9/5). "Sekitar 20 persen gen berisiko tinggi menyebarkan kanker payudara."

Kanker payudara adalah tipe kanker yang umum menimpa wanita dan telah membunuh sekitar setengah juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Riwayat keluarga merupakan faktor risiko paling mendasar. Memiliki saudara dekat penderita kanker payudara, juga memperbesar peluang seorang wanita terserang penyakit itu.(ANT/SHA)

0 komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini